Friday, October 18, 2013

Perbedaan Yahoo! Messenger dengan WhatsApp

Yahoo! Messenger


  • pengertian dan sejarah singkat
Yahoo! Messenger (sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Awal rilis bernama Yahoo! Pager (9 Maret 1998). Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail. YM menawarkan berbagai fasilitas koneksi PC-PC, PC-Phone dan PC-to-PC Service, File Transfer, Webcam hosting, text Message service, chat rooms.
Yahoo! telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant Messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006.

Selain fitur dasar berkirim pesan, pengguna WhatsApp dapat membuat grup, saling berkirim gambar, pesan video dan audio dalam jumlah tidak terbatas.


Whatsapp Messenger



  • Pengertian dan Sejarah singkat
            WhatsApp adalah aplikasi pesan untuk smartphone dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain. 
Awalnya, WhatsApp dibuat untuk pengguna iPhone, kemudian seiring dengan perkembangannya, aplikasi WhatsApp tersedia juga untuk versi BlackBerry, Android, Windows Phone dan Symbian. Sampai pada November 2010, WhatsApp menduduki posisi peringkat ke 3, aplikasi paling laris yang diunduh melalui nokia Ovi Store, setelah Swype dan NHL game center premium.
jadi perbedaan antara keduanya meliputi:
  • cara install
          yahoo! messenger memiliki cara penginstalan yang lebih rumit dibandingkan dengan whatsapp. bila di whatsapp anda hanya perlu mengunduh di smartphone dan langsung menggunakan tetapi yahoo! messenger harus terlebih dahulu di install bila dioperasikan di pc.
  • registrasi awal
         Bila di yahoo! messenger kita harus memiliki akun e-mail yahoo terlebih dahulu untuk bisa log in, di whatsapp kita hanya perlu memasukkan nomor telepon dan kita bisa langsung menggunakannya.

  • cara mengundang teman
          Di whatsapp hanya dengan memiliki nomor seseorang kita sudah bisa berteman dalam whatsapp ini dengan syarat orang itu juga terdaftar di whasapp. berrbeda dengan yahoo! messenger yang kita harus terlebih dahulu meng-add seseorang melalui akun e-mail yahoo mereka yang terintegrasi dengan YM.

sumber :  http://id.wikipedia.org/wiki/Yahoo!_Messenger

                  http://id.wikipedia.org/wiki/WhatsApp

2 comments: