Wednesday, October 23, 2013

Tugas Bahasa Indonesia 2

   soal
     1.   Ada pepatah “bahasa lebih tajam dari sebilah pedang” apa maksudnya? 
     2.    Buatlah karangan singkat “penggunaan bahasa indonesia di kalangan keluarga dan masyarakat “
     3.    Sebutkan kelemahan dan kelebihan bila kita mempelajari bahasa indonesia!
  
   Jawab
     1.   Bahasa lebih tajam dari sebilah pedang maksudnya adalah bahasa khususnya melalui media tulis maupun lisan dapat menyebabkan kesalahpahaman yang berbuah perpecahan ataupun perselisihan antara dua belah pihak. Hal itu terjadi bila ada terjadi perbedaan persepsi antara pihak yang bersangkutan. Misalnya seseorang yang mengucapkan kata-kata motivasi untuk orang lain, namun dengan intonasi yang kurang baik, orang lain dapat mengartikan hal yang berbeda yang menyangkanya mengatakan hal yang menimbulkan kontroversi (menyakiti hati) bahkan terbilang rasis. Hali inilah yang akhirnya dapat menimbulkan perselisihan antar individu.Selain itu seseorang dengan kemampuan berbahasa yang baik dapat melakukan tindakan doktrin kepada orang lain yang dapat mengacu kepada hal-hal yang meningkatkan semangat juang misalnya pidato presiden RI  pertama yakni Ir. Soekarno.

     2. Karangan mengenai bahasa di lingkup keluarga dan masyarakat 
                      penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar dalam lingkup keluarga sebenarnya tidak terlalu intens penggunaanya. Hal itu dikarenakan kita lebih cenderung menggunakan bahasa sehari –hari yang lebih santai yang tidak terlalu memperhatikan aturan bahasa indonesia. Namun hal itu tergantung dari pola hidup tiap-tiap keluarga. Keluarga yang berasal dari kalangan terpandang baik status sosial maupun ekonominya cenderung lebih formal dalam menggunakan bahasa yang sudah diwari turun temurun.
            Tak jauh berbeda dengan penggunaan bahasa di keluarga, di kalangan masyarakat umum penggunaan bahasa juga sangat bergantung dari jenis pergaulan masing-masing individu. Pergaulan yang cenderung urakan alias out of control biasanya lebih mempergunakan bahasa-bahasa kasar yang dapat memicu perselisihan, sebaliknya pergaulan orang-orang terpandang biasanya lebih memperhatikan bahasa yang mereka gunakan agar tidak memicu perselihan yang dapat merugikan diri masingg-masing pihak.

    3..Kelemahan
    a. Bahasa indonesia merupakan bahasa yang terlihat mudah untuk dipelajari namun dalam  penerapannya sangat sulit
    b.  Banyaknya keragaman bahasa daerah yang lambat laun mempengaruhi dan merubah kemurnian dari bahasa indonesia
   c. Kekreatifan masyarakat indonesia yang membuat suatu bahasa pergaulan baru yang melemahkan penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar. 

    Kelebihan
  a.Mempelajari bahasa indonesia dengan baik dan benar artinya kita telah berpartisipasi dalam melestarikan bangsa indonesia melalui media bahasa
   b.Dapat melatih keterampilan berbahasa indonesia yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja yang banyak menuntut keformalan dalam berbahasa
   c.Kita patutnya berbangga untuk menggunakan bahasa indonesia karena bahasa indonesia merupakan salah satu bahasa dengan variasi bahasa terbanyak di dunia selain bahasa Mandarin, keragaman itulah yang menjadi simbol kemajemukkan suatu bangsa.

    created  by : oki hardy

No comments:

Post a Comment