Saturday, January 11, 2014

Paragraf dan Jenis-jenisnya

hai sahabat blogger!!
kali ini saya akan memberikan tulisan tentang paragraf beserta jenis-jenisnya.
jadi mohon disimak ya...

Pengertian Paragraf
Pengertian Paragraf sendiri adalah unit terkecil sebuah karangan yang terdiri dari kalimat pokok atau gagasan utama dan kalimat penjelas atau gagasan penjelas. Jadi, penjelasan atas sebuah soal yang sedang ditulis, dalam rangkaian kata yang mengandung makna tertentu yang dimaksud dalam pembuatan satu paragraf tersebut.

Jenis-jenis Paragraf Berdasarkan Letak Kalimat Utama
1. Paragraf Deduktif 
merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf 

2. Paragraf Induktif 
merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir kalimat paragraf

3. Paragraf Campuran 
merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan akhir paragraf

Jenis-jenis Paragraf Berdasarkan Tujuan
1. Paragraf narasi 
merupakan paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian yang didalamya terdapat alur cerita, setting, tokoh dan konflik tetapi tidak memiliki kalimat utama.

2.  Paragraf deskripsi 
merupakan penggambaran sesuatu dengan jelas dan terperinci. Paragraf deskrispi bertujuan melukiskan atau memberikan gambaran terhadap sesuatu dengan sejelas-jelasnya sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, membaca, atau merasakan hal yang dideskripsikan.

3.  Paragraf Argumentasi
 merupakan karangan yang membuktikan kebenaran tentang sesuatu. Untuk memperkuat ide atau pendapatnya penulis wacana argumetasi menyertakan data-data pendukung. Tujuannya, pembaca menjadi yakin atas kebenaran yang disampaikan penulis.

4.  Paragraf persuasi adalah paragraf yang mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta (benar-benar terjadi).

5. Paragraf eksposisi 
merupakan karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau informasi. Tujuannya, pembaca mendapat pengetahuan atau informasi yang sejelas – jelasnya.


Contoh Paragraf Deskripsi


         "Gadis itu menatapku dengan seksama. Aku semakin gencar dan salah tingkah menatap gadis yang sangat manis dan mempesona di hadapanku itu. Ya, karena memang gadis didepanku itu sangat cantik. Rambutnya hitam lurus dan tergerai sangat menawan. Matanya yang bulat bersinar lembut dan begitu dalam, memberikan suatu kesejukkan saat pertama kali menatapnya. Ditambah kulitnya yang agak kecoklatan tapi manis kurasa, dagu lancip yang menawan,serta bibir yang merah dan tipis, dia sungguh tampak sempurna.
              Tapi dibalik mempesonanya gadis itu terdapat satu kekurangan yang tidak aku sadari sebelumnya, ya gadis itu ternyata tidak bisa melihat alias buta. Sungguh sangat disayangkan memang mengapa gadis secantik dan sesempurna itu memiliki satu kekurangan yang amat mendasar. Tuhan memang Maha adil dibalik kesempurnaan makhluknya tentu terdapat satu kekurangan yang tidak dapat diperbaiki dengan mudah. Tetapi aku tetap mengagumi gadis itu kurasa, karena gadis itulah yang mengajarkanku memahami sebuah hidup. "

Metode Pengembangan Paragraf

Metode Perbandingan
Membandingkan antara dua hal atau lebih yang berada dalam tingkatannya yang sama atau setara. Contohnya adalah membandingkan antara Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto.


Metode Analogi
Membandingkan antara dua hal atau lebih yang tingkatannya berbeda. Contohnya adalah membandingkan bahwa ego seseorang seperti batu yang sulit dipecahkan.


Metode Contoh
Mengembangkan paragraf menggunakan contoh dari sebuah kejadian.


Metode Definisi Luas
Memberikan pengertian dari suatu kata atau konsep dalam paragraf. Contohnya adalah mangga merupakan jenis buah-buahan yang mengandung vitamin c. Mangga memiliki beragam rasa dari masam hingga manis. Tanaman mangga dapat tumbuh di daerah manapun.


Metode Klasifikasi
Sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat penggolongan terhadap suatu hal.



Metode Analisis
Menguraikan sesuatu dengan jelas berdasarkan analisi yang pasti

ya itulah sahabat blogger, yang dapat saya sampaikan dalam postingan kali ini. 
memang tak sesempurna seperti kebanyak blogger handal. tapi inilah saya...
terima kasih!!

referensi:

http://kabar-qt.blogspot.com/2013/06/pengertian-paragraf-dan-macam-macamnya.html
http://organisasi.org/pengertian_paragraf_alinea_dan_bagian_dari_paragraf_bahasa_indonesia
www.aiwulandari01.blogspot.com

No comments:

Post a Comment